Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Rabu, 07 Mei 2014

Stasiun Pembelajaran



Stasiun Pembelajaran

Stasiun-stasiun pembelajaran dibentuk dengan mempertimbangkan jumlah siswa. Sebagai contoh kasus, misalkan dalam kelas terdapat satu komputer terkoneksi internet dengan jumlah siswa 25 orang, maka dapat dibentuk lima stasiun pembelajaran sedemikian hingga dlam satu waktu di setiap stasiun dikunjungi oleh 5 orang siswa. Kelima stasiun tersebut misalnya atas Stasiun Internet, Stasiun Perpustakaan, Stasiun Visual, Stasiun Geografi, dan Stasiun Ekonomi dengan deskripsi kegiatan sebagai berikut.

Stasiun Internet

Pada stasiun ini, siswa melakukan pencarian informasi mengenai kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat sekitar sekolah. Memanfaatkan mesin pencari (search engine) informasi di internet, siswa diberi kebebasan melakukan pencarian untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya dan menuliskannya di lembar kerja yang disediakan. Untuk kelacaran kegiatan siswa di stasiun ini, dilakukn pembagian peran: Manager, Navigator, Operator, Penulis, Penjaga Waktu. 

Perpustakaan

Siswa mengunjungi perpustakaan kelas atau perpustakaan sekolah untuk mendapatkan informasi mengenai kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat dari buku-buku, majalah, ensiklopedia, dan bahan pustaka lain yang ada di perpustakaan. Hasil penelusuran pustaka ini ditulis di lembar kerja. Pembagian peran di stasiun ini: Manager, Penelusur Pustaka, Penelaah Pustaka, Penulis, Penjaga Waktu.

Stasiun Visual

Kelompok  siswa yang bekerja di stasiun ini diberi tugas mencari atau mengambil gambar visual (foto) menggunakan kamera digital. Foto yang diambil adalah gambar atau foto terkait kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar sekolah. Foto dicatat nama obyeknya, lokasi dan waktu pengambilannya di lembar kerja yang disediakan. Pembagian peran: Manager, Juru Kamera, Pengarah Visual, Pencatat, Penjaga waktu.

Stasiun Geografi

Memanfaatkan buku atlas, globe  yang disediakan oleh guru di stasiun ini siswa mencari informasi geografis mengenai lokasi sekolah. Hasil penncarian informasi dan gambar peta ditulis di lembar kerja. Tugaskan juga pada siswa untuk menggambar peta sederhana mengenai lokasi geografis masyarakat di sekitar sekolah. Pembagian peran: Manager, Alhi Peta, Pencatat, Juru Gambar, Penjaga Waktu.

Stasiun Ekonomi

Untuk mendapatkan data riil dari pelaku usaha, siswa yang tiba giliran di stasiun ini bertugas melakukan wawancara dengan para pelaku usaha di masyarakat sekitar sekolah. Perekaman wawancara dapat dilakukan menggunakan perekam suara (tape recorder atau handphone yang memiliki fasilitas perekaman), selain juga mencatat point-point wawancara di lembar kerja. Pembagian peran: Manager, Interviewer, Pencatat, Perekam, Penjaga Waktu.

Kegiatan Persiapan oleh Guru

1.     Siapkan meja dan kursi untuk jumlah stasiun yang akan dibentuk. Setiap stasiun terdiri atas satu meja dan 3-5 kursi.
2.     Tempatkan komputer yang terhubung ke Internet di meja Stasiun Internet, kamera digital di Stasiun Visual, buku-buku pendukung di Perpustakaan, globe dan atlas di Stasiun Geografi, alat perekam suara di Stasiun Ekonomi, .
3.     Tempatkan lembar instruksi, kartu peran dan lembar kerja di masing-masing stasiun.

Kegiatan Pembelajaran

  1. Sampaikan bahwa para siswa akan belajar mengenai kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat sekitar sekolah dengan mengunjungi stasiun-stasiun yang telah disediakan dan mengerjakan tugas yang diberikan di stasiun tersebut.
  2. Bagi siswa menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok terdiri atas 5 orang.
  3. Pada 30 menit pertama, siswa bekerja di stasiun pembelajaran pertama sesuai dengan pembagian kelompoknya.
  4. Pada 30 menit berikutnya, kelompok siswa berpindah ke stasiun berikutnya dan mengerjakan tugas di stasiun yang baru. Arah perpindahan stasiun diatur oleh guru.
  5. Ulangi kegiatan nomor 4 sampai seluruh kelompok telah melewati semua stasiun yang ada.
  6. Setelah setiap kelompok telah memiliki informasi dari semua stasiun, berikan tugas kepada setiap kelompok untuk menciptakan rancangan tulisan dalam kertas mengenai kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat sekitar sekolah. Alokasikan waktu untuk mengerjakan tugas ini, misalnya 30 menit.
  7. Beri kesempatan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
  8. Lakukan diskusi kelas untuk merumuskan konsep akhir materi yang baru saja dipelajari.

Evaluasi  Pembelajaran

  • Penilaian hasil belajar dilakukan secara kelompok berdasarkan produk tulisan yang telah dihasilkan oleh kelompok siswa.
  • Penilaian individual dapat dilakukan berdasarkan keaktifan siswa dan keterlibatan (partisipasi) siswa dalam kegiatan kelompok di setiap stasiun pembelajaran.

Modifikasi Kegiatan

Dimungkinkan untuk memodifikasi skenario pembelajaran di atas. Misalnya, kegiatan pembuatan tulisan tidak dikerjakan tiap kelompok, tetapi dibuat secara bersama-sama oleh satu kelas di dalam komputer yang ada. Kelompok siswa memasukkan dan terlibat dalam pembuatan produk kelas tersebut secara bergantian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar