Stasiun Pembelajaran
Stasiun-stasiun pembelajaran dibentuk dengan mempertimbangkan jumlah
siswa. Sebagai contoh kasus, misalkan dalam kelas terdapat satu komputer
terkoneksi internet dengan jumlah siswa 25 orang, maka dapat dibentuk
lima stasiun pembelajaran sedemikian hingga dlam satu waktu di setiap
stasiun dikunjungi oleh 5 orang siswa. Kelima stasiun tersebut misalnya
atas
Stasiun Internet, Stasiun Perpustakaan, Stasiun Visual, Stasiun
Geografi, dan
Stasiun Ekonomi dengan deskripsi kegiatan sebagai berikut.
Stasiun Internet
Pada stasiun ini, siswa melakukan pencarian informasi mengenai kehidupan
sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat sekitar sekolah. Memanfaatkan mesin pencari (search engine)
informasi di internet,
siswa diberi kebebasan melakukan pencarian untuk mendapatkan
sebanyak-banyaknya
dan menuliskannya di lembar kerja yang disediakan. Untuk kelacaran
kegiatan siswa di stasiun ini, dilakukn pembagian peran: Manager,
Navigator, Operator, Penulis,
Penjaga Waktu.
Perpustakaan
Siswa mengunjungi perpustakaan kelas atau perpustakaan
sekolah untuk mendapatkan informasi mengenai kehidupan
sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat dari buku-buku, majalah, ensiklopedia, dan
bahan pustaka lain yang ada di perpustakaan. Hasil penelusuran pustaka ini
ditulis di lembar kerja. Pembagian peran di stasiun ini: Manager, Penelusur Pustaka, Penelaah
Pustaka, Penulis, Penjaga Waktu.
Stasiun Visual
Kelompok siswa yang bekerja di stasiun ini diberi tugas mencari atau
mengambil gambar visual
(foto) menggunakan kamera digital. Foto yang diambil adalah gambar atau
foto terkait
kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar sekolah. Foto dicatat
nama obyeknya, lokasi dan waktu pengambilannya di lembar kerja yang
disediakan. Pembagian peran: Manager, Juru Kamera, Pengarah Visual,
Pencatat, Penjaga waktu.
Stasiun Geografi
Memanfaatkan buku atlas, globe yang
disediakan oleh guru di stasiun ini siswa mencari informasi geografis
mengenai lokasi sekolah. Hasil penncarian informasi dan gambar peta
ditulis di lembar
kerja. Tugaskan juga pada siswa untuk menggambar peta sederhana mengenai
lokasi geografis masyarakat di sekitar sekolah. Pembagian peran:
Manager, Alhi Peta, Pencatat, Juru Gambar,
Penjaga Waktu.
Stasiun Ekonomi
Untuk mendapatkan data riil dari pelaku usaha, siswa yang
tiba giliran di stasiun ini bertugas melakukan wawancara dengan para
pelaku
usaha di masyarakat sekitar sekolah. Perekaman wawancara dapat dilakukan
menggunakan perekam suara (tape recorder atau handphone yang memiliki
fasilitas perekaman), selain juga mencatat point-point wawancara di
lembar kerja. Pembagian peran: Manager, Interviewer, Pencatat, Perekam,
Penjaga Waktu.
Kegiatan Persiapan oleh Guru
1.
Siapkan meja dan kursi untuk jumlah stasiun yang
akan dibentuk. Setiap stasiun terdiri atas satu meja dan 3-5 kursi.
2.
Tempatkan komputer yang terhubung ke Internet di
meja Stasiun Internet, kamera digital di Stasiun Visual, buku-buku
pendukung di Perpustakaan, globe dan atlas di Stasiun Geografi, alat
perekam suara di Stasiun Ekonomi, .
3.
Tempatkan lembar instruksi, kartu peran dan lembar
kerja di masing-masing stasiun.
Kegiatan Pembelajaran
- Sampaikan bahwa para siswa akan belajar mengenai kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat sekitar sekolah dengan mengunjungi stasiun-stasiun yang telah disediakan dan mengerjakan tugas yang diberikan di stasiun tersebut.
- Bagi siswa menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok terdiri atas 5 orang.
- Pada 30 menit pertama, siswa bekerja di stasiun pembelajaran pertama sesuai dengan pembagian kelompoknya.
- Pada 30 menit berikutnya, kelompok siswa berpindah ke stasiun berikutnya dan mengerjakan tugas di stasiun yang baru. Arah perpindahan stasiun diatur oleh guru.
- Ulangi kegiatan nomor 4 sampai seluruh kelompok telah melewati semua stasiun yang ada.
- Setelah setiap kelompok telah memiliki informasi dari semua stasiun, berikan tugas kepada setiap kelompok untuk menciptakan rancangan tulisan dalam kertas mengenai kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat sekitar sekolah. Alokasikan waktu untuk mengerjakan tugas ini, misalnya 30 menit.
- Beri kesempatan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
- Lakukan diskusi kelas untuk merumuskan konsep akhir materi yang baru saja dipelajari.
Evaluasi Pembelajaran
- Penilaian hasil belajar dilakukan secara kelompok berdasarkan produk tulisan yang telah dihasilkan oleh kelompok siswa.
- Penilaian individual dapat dilakukan berdasarkan keaktifan siswa dan keterlibatan (partisipasi) siswa dalam kegiatan kelompok di setiap stasiun pembelajaran.
Modifikasi Kegiatan
Dimungkinkan untuk memodifikasi skenario pembelajaran di atas. Misalnya,
kegiatan pembuatan tulisan tidak dikerjakan tiap kelompok,
tetapi dibuat secara bersama-sama oleh satu kelas di dalam komputer yang
ada. Kelompok
siswa memasukkan dan terlibat dalam pembuatan produk kelas tersebut
secara
bergantian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar