Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Jumat, 27 September 2013


BAGIAN BAGIAN TELINGA BESERTA FUNGSINYA . Seperti yang kita ketahui semua, Telinga merupakan Oragan yang sangat penting didalam tubuh kita ini, yang tentunya harus dijaga agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Pada ulasan kali ini saya akan berbagi Informasi tentang Bagian Bagian telinga beserta Fungsinya.

Telinga manusia merupakan organ yang sangat kompleks. Telinga manusia merupakan saluran yang terbuka di bagian luar dan bersatu dengan tulang tengkorak. Telinga merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk mendengar suara atau bunyi. Suara yang dapat kita dengar adalah suara- suara yang memiliki frekuensi antara 20 Hz –20.000 Hz. Bagian bagian Telinga ini terbagi atas tiga bagian, yaitu yaitu telinga luar (auris externa), telinga tengah (auris media), dan telinga dalam (auris interna).
bagian bagian telinga,fungsi bagian telinga,fungsi bagian-bagian telinga,gambar bagian telinga,gambar bagian-bagian telinga,bagian-bagian telinga beserta fungsinya,alat pendengaran telinga, bagian telinga
Bagian Bagian Telinga

a. Telinga bagian luar (auris externa)

Terdiri atas:
- Daun telinga, berfungsi untuk menampung getaran.
- Saluran telinga luar atau lubang telinga, berfungsi menyalurkan getaran.
- Kelenjar minyak, berfungsi menyaring udara yang masuk sebagai pembawa gelombang suara.
- Membran timpani atau selaput gendang, berfungsi menerima dan memperbesar getaran suara.

b. Telinga bagian tengah (auris media)

Telinga bagian tengah terletak di sebelah dalam membran timpani. Fungsi dari telinga bagian tengah adalah untuk meneruskan getaran dari suara telinga bagian luar ke telinga bagian dalam. Pada telinga tengah terdapat saluran Eustachius dan tiga tulang pendengaran.
- Saluran Eustachius, berfungsi untuk mengurangi tekanan udara di telinga tengah sehingga tekanan udara di luar dan di dalam akan sama. Keseimbangan tekanan ini akan menjaga gendang telinga supaya tidak rusak. Saluran ini akan tertutup dalam keadaan biasa, dan akan terbuka jika kita menelan sesuatu.
- Tulang pendengaran, berfungsi untuk mengantarkan dan memperbesar getaran ke telinga bagian dalam. Tulang pendengaran ada tiga, yaitu tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Tulangtulang ini menghubungkan gendang telinga dan tingkap jorong.
c. Telinga bagian dalam (auris interna)
Telinga bagian dalam berfungsi mengantarkan getaran suara ke pusat pendengaran oleh urat saraf. Penyusun telinga bagian dalam adalah sebagai berikut.
- Tingkap jorong, berfungsi menerima dan menyampaikan getaran.
- Rumah siput, berfungsi menerima, memperbesar, dan menyampaikan getaran suara ke saraf pendengaran. Di dalam saluran rumah sifut terdapat cairan limfe dan terdapat ujung-ujung saraf pendengaran.
- Tiga saluran setengah lingkaran, berfungsi sebagai alat untuk mengetahui posisi tubuh dan menjaga keseimbangan.
Nah itulah Bagian Bagian telinga beserta Fungsinya, yang mempunyai Peran sangat penting didalam tubuh kita, selain mengetahui fungsi fungsinya, kita juga harus bisa menjaganya dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman yang membutuhkannnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive